Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Manuskrip Kuno Dunia yang Unik, Misterius dan Penuh Teka Teki

Naskah kuno, yang ditulis dalam beberapa bahasa lama dan terlupakan, dapat memberikan gambaran yang benar-benar mendalam ke masa lalu.

Manuskrip Kuno Dunia yang Unik dan Misterius


Banyak buku-buku tebal yang ditulis ratusan hingga ribuan tahun yang lalu, dan tata bahasa yang mereka gunakan masih menimbulkan banyak hambatan serius bagi para sarjana saat ini dalam memahaminya dengan sepenuhnya. 

Sementara itu beberapa dari naskah kuno dunia yang unik tersebut masih merupakan sebuah misteri yang lengkap, sedangkan yang lain menawarkan cukup banyak hal untuk membuat nya semakin menarik lagi untuk diketahui.

Baca: 25 Kebetulan Paling Aneh yang Pernah Terjadi Sepanjang Sejarah
Naskah Kuno Dunia Unik Misterius

Bagaimanapun, naskah dan skrip kuno yang ditulis sejak lama jarang, unik, dan penuh misteri, bahkan sampai pada hari ini. 

Berikut adalah sepuluh manuskrip atau naskah kuno yang unik dan penuh dengan misteri serta teka-teki yang bertahan hingga saat ini.

1. Gulungan Tembaga (The Copper Scroll)


manuskrip kuno dunia unik misterius
©️Topten

Antara tahun 1946 dan 1956, sekitar 981 teks dan gulungan berbeda ditemukan di sebelas gua di Gurun Yudea Timur yang sekarang lebih dikenal dengan  The modern-day West Bank. 

Koleksi ini adalah apa yang dikenal dengan Naskah Laut Mati (Dead Sea Scroll). Berbeda dengan naskah-naskah lainnya yang ditemukan di gua-gua oleh gembala setempat, Gulungan Tembaga (The Copper Scroll) ini ditemukan oleh arkeolog pada tahun 1952 di ujung salah satu gua. 

Dan juga merupakan satu-satunya yang terbuat dari tembaga, sementara yang lain dari perkamen atau papirus. Terbuat dari dua lembaran gulungan tembaga, sehingga mustahil bagi para ilmuwan untuk membuka gulungan dengan cara biasa. Jadi, mereka memutuskan untuk memotongnya dalam 23 strip tipis, dan kemudian menempatkannya kembali secara bersama-sama.

Teks itu, meskipun dalam bahasa Ibrani seperti yang lainnya, namun menggunakan dialek yang berbeda. Sementara yang lainnya bersifat religius, seperti salinan Kitab Suci Ibrani, teks-teks Ibrani yang tidak dianonimkan dan naskah-naskah sektarian, Gulungan Tembaga (The Copper Scroll) adalah “peta harta karun”. 

Di dalamnya terdapat petunjuk nyata ke berbagai tempat harta karun yang tersembunyi berupa emas, perak, koin, dan kapal. Seperti misalnya tersebut dalam kolom dua, ayat 1-3 mengatakan: 

“Di dalam lubang garam yang ada di bawah tangga: empat puluh satu talenta perak. Di dalam gua kamar cuci tua, di teras ketiga: enam puluh lima batang emas.”

Kesimpulannya, para peneliti memperkirakan nilai semuanya berkisar pada $1.000.000 pada tahun 1960. Dan jika dinilai pada saat ini setidaknya lebih dari $8 juta.

Sampai saat ini tidak ada yang dapat menemukan harta ini; setidaknya mereka mengatakan begitu. Tidak ada yang tahu siapa yang menulisnya, atau milik siapa harta itu sebebarnya. 

Beberapa orang mengatakan harta itu tidak pernah benar-benar ada dan bahwa Gulungan Tembaga (The Copper Scroll) adalah sebuah karya fiksi. 

Sedangkan yang lainnya percaya hal itu mengacu pada Kuil Yerusalem, tepat sebelum dihancurkan oleh orang Romawi pada tahun 70 M, dan gulungan itu dibuat untuk melindungi kekayaannya. 

Dan pendapat yang lainnya lagi bahkan melangkah lebih jauh, mereka percaya bahwa harta itu milik sekte Yahudi yang dikenal sebagai orang Eseni. 

Namun, terlepas apa yang benar, semua ini hanyalah spekulasi belaka, dan apakah harta itu ada atau tidak belum dapat dipastikan. Akan tetapi jika itu memang ada, akan selalu ada kemungkinan bahwa harta itu sudah ditemukan oleh generasi terdahulu dan tidak ada yang melaporkan hal tersebut.

2. Codex Washingtonianus


Naskah Kuno Dunia
©️Topten

Terletak di Galeri Seni Smithsonian Freer, Codex Washingtonianus terdiri dari empat Injil yang disebut tatanan Barat (Matius, Yohanes, Lukas, dan Markus), dan merupakan Alkitab tertua ketiga di dunia. 

Hal ini sekitar abad ke-4 atau ke-5, selama waktu ketika agama Kristen mulai berubah dari kultus bawah tanah ke agama standar. Codex kemungkinan besar disalin dari beberapa manuskrip lain yang ditemukan pada saat itu. 

Penutupnya terbuat dari kayu dan halamannya terbuat dari perkamen (kulit binatang olahan). Halamannya sangat sensitif terhadap cahaya dan kelembaban, dan karena itulah Codex jarang dipajang.

3. Manuskrip The Eight-Foot Long Leather


Naskah Kuno Dunia Misterius
©️Topten

Selama sekitar 70 tahun, salah satu yang paling unik dan tanpa diragukan lagi, manuskrip terbesar sepanjang sejarah menghilang dari Museum Mesir di Kairo. 

Pada tahun 2015 naskah kuno tersebut ditemukan kembali. Berjejalan di laci tua yang berdebu di suatu tempat di belakang museum. Seperti entri lain dalam daftar ini, lokasi pasti penemuannya tidak diketahui. 

Manuskrip The Eight-foot Long Leather tersebut dibeli dari dealer barang antik lokal oleh Lembaga Arkeologi Oriental Prancis di Kairo beberapa waktu setelah Perang Dunia I dan pertama kali dibuka sebelum Perang Dunia II. 

Manuskrip kuno diperkirakan berasal dari sekitar tahun 2000 hingga 2300 SM, dari Kerajaan Akhir hingga Kerajaan Tengah awal. Ia berdiri di 8,2 meter panjang, dan dihiasi dengan tulisan dan gambar berwarna indah kualitas luar biasa.

Terbuat dari kulit, dan itu merupakan sebuah keajaiban nyata dimana manuskrip besar tersebut mampu menahan kerasnya waktu selama lebih dari 4.000 tahun. 

Kulit dianggap sebagai bahan tulisan yang sangat berharga, dan hanya teks suci atau peristiwa bersejarah besar yang ditulis di atasnya. Sedangkan bahan Papirus lebih umum, dan mempunyai ketahanan lebih baik dalam ujian waktu, terutama di bawah terik nya gurun Mesir. 
Bagaimanapun, manuskrip ini ditulis di kedua sisi dan berisi penggambaran makhluk ilahi dan supernatural, mendahului Book of the Dead yang terkenal itu. Mantra agama, diformulasikan dalam orang pertama tunggal, menyusun teks. Ini kemungkinan besar dibacakan oleh seorang imam, dan meskipun itu portabel, gulungan itu kemungkinan besar disimpan di sebuah kuil.

4. The Sibiu Manuscript


Manuskirp Kuno Dunia
©️Topten

Pada tahun 1961, seorang profesor Sains dan Teknologi di Universitas Bucharest menemukan sebuah manuskrip tua di arsip nasional di Sibiu, Rumania. 

Dokumen sepanjang 450 halaman itu bertanggal sebelum sekitar 1570 dan menggambarkan berbagai subyek artileri dan balistik dari abad ke-16. 

Doru Todericiu, profesor yang disebutkan sebelumnya, mulai mempelajarinya secara lebih mendalam, berfokus pada konten ilmiah dan teknologinya. 

Setelah diamati lebih dekat, ia menyadari bahwa di bagian ketiga manuskrip itu, seorang lelaki bernama Conrad Haas sedang mendeskripsikan dengan sangat mendetail dasar-dasar dan fungsi “lembing terbang” (flying javelin), sebuah roket multistage modern. 
Dia menggambarkan roket tersebut dengan dua, tiga tahap, serta bagaimana membangun roket, menstabilkan sirip, dan penggunaan bahan bakar cair.

Tidak banyak yang diketahui tentang Conrad Haas ini. Ia dilahirkan di Dornbach (sekarang bagian dari Hernals, Wina). Dia memegang jabatan master arsenal di Imperial Austria Army dan pada tahun 1551 ia datang ke Kerajaan Transylvania untuk menjadi insinyur senjata di Sibiu (sekarang Hermannstadt). 

Di sini dia menulis manuskrip. Todericiu mengatakan bahwa Haas juga membangun dan menguji roket dengan menggunakan bahan bakar soli. 

Dokumen ini sekarang terletak di Museum Sibiu di Rumania, dan merupakan bukti peroketan pertama yang didokumentasikan di dunia. 
Gaya roket multistage ini kemudian digunakan oleh astronot dalam program Mercury, Gemini, dan Apollo. Dalam paragraf terakhir tentang penggunaan roket militer, Haas menulis: 

"Tapi saran saya adalah untuk perdamaian yang lebih dan tidak ada perang, meninggalkan senapan dengan tenang di gudang, sehingga peluru tidak ditembakkan, mesiu tidak terbakar atau basah, sehingga pangeran menyimpan uangnya, gudang senjata menguasai hidupnya". 

Itu adalah nasihat yang Conrad Haas berikan.

5. The Sultan’s Book of Delights


Naskah Kuno Dunia yang Unik
©️Topten

Satu lagi manuskrip yang menarik dan benar-benar unik datang dari India. Naskah Ni'matnama dari Sultans of Mandu, seperti yang juga dikenal, sekitar 1500 AD. 

Tidak seperti manuskrip Indo-Muslim abad pertengahan lainnya pada masa itu, yang sering menangani subjek seperti politik, perang, sejarah sosial atau organisasi politik. 

The Sultan’s Book of Delights berpusat pada seni domestik dan pribadi Sultan Ghiyath Shahi sendiri yang eksentrik dari Malwa Kesultanan di India Tengah. 

Ini adalah salah satu buku paling awal yang ditulis dalam bahasa Urdu, dengan ilustrasi miniatur pertamanya dibuat di bawah pengaruh Persia dengan yang kemudian menjadi lebih terindividuasi.

Ghiyath Shahi naik tahta pada tahun 1469, akan tetapi setelah putranya, Nasir Shah dewasa pada tahun 1500, dia memutuskan untuk mengundurkan diri dan memusatkan perhatiannya pada kesenangan hidup. 

Dia kemudian mengisi istananya dengan musisi, pelukis, koki, dan wanita. Banyak dari wanita-wanita ini diajarkan antara lain dalam seni dan memasak. 

Lima ratus budak Abyssinian perempuan, mengenakan baju besi dan terampil dalam pertempuran, menjadi pengawal tetapnya. Selama waktu ini, ibu kota Mandu dikenal sebagai Shadiyabad, atau Kota Sukacita.

Naskah itu sendiri ditulis selama periode itu, dan terdiri dari beberapa ratus resep makanan, parfum, salep, pasta, obat-obatan, dan segala macam afrodisiak. 

Tentang sesuatu yang dapat dikombinasikan, dan apa yang harus dihindari orang lain. Ini disertai dengan 50 ilustrasi yang menggambarkan persiapan mereka.

Baca: Unik! Analogi Ideology Ekonomi Dunia dengan 2 Ekor Sapi

Lukisan-lukisan nya juga menunjukkan Ghiyath Shahi sendiri, mudah dikenali dari kumisnya, baik mengawasi atau menikmati berbagai kegiatan seperti berburu, memancing, atau makan. Karya-karya ini dikumpulkan bersama ke dalam suatu naskah oleh putranya, Nasir Shah.

6. Liber Linteus


Naskah Kuno Unik
©️Topten

Setelah penaklukkan Napoleon terhadap Mesir pada pergantian abad ke-18, peningkatan tajam di negara itu terjadi di Eropa dalam fenomena yang dikenal sebagai Egyptomania. 

Akibatnya, dalam beberapa dekade berikutnya kita dapat menyaksikan masuknya artefak Mesir ke seluruh benua. Pada tahun 1848, seorang pejabat Kroasia di bawah Kanselir Kerajaan Hongaria memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya dan melakukan perjalanan ke Mesir. 

Di sana, ia membeli sarkopagus berisi mumi perempuan. Ketika dia kembali ke Wina, dia memajangnya di rumahnya selama 11 tahun, sampai dia meninggal. 

Saudaranya, yang seorang pendeta, mewarisinya dan menyerahkannya ke Museum Arkeologi Zagreb pada tahun 1867. Dan meskipun mumi itu dipamerkan sejak tiba di Eropa, dengan bungkus yang ditampilkan secara terpisah dalam kotak kaca, itu hanya ada di sini di museum yang Egyptologist Jerman dan Heinrich Brugsch, menyadari bahwa sebenarnya ada tulisan di atasnya.

Mempercayai itu adalah hieroglif Mesir, Brugsch tidak menyelidiki lebih jauh. Satu dekade kemudian, ketika berbicara dengan seorang teman dan penjelajah, Richard Burton, dia menyadari bahwa naskah itu tidak diketahui asalnya dan tidak berasal dari Mesir. 

Empat belas tahun kemudian, pada tahun 1891, ketika kembali ke Wina, tulisan-tulisan pada bungkusnya diidentifikasi sebagai Etruscan. Etruscan adalah pelopor bangsa Romawi di Semenanjung Italia. Teks itu kemudian dikenal sebagai Liber Linteus (Bahasa Latin untuk ‘Buku Linen’).

Bahkan sampai hari ini, Etruscan tidak sepenuhnya dipahami, karena ada sangat sedikit bagian dari bahasa kuno yang ada. Tetapi berdasarkan apa yang sudah ada, Jacob Krall - seorang ahli bahasa Koptik - mampu menyimpulkan bahwa Liber Linteus adalah semacam kalender keagamaan. 

Pertanyaannya muncul kemudian, apa yang dilakukan teks Etruscan di Mesir? Krall juga mampu menyimpulkan dari sepotong gulungan papirus di dalam sarkofagus bahwa nama mumi itu adalah Nesi-hensu, istri seorang Theban divine penjahit ilahi bernama Paher-hensu, seorang Mesir. 

Penjelasan terbaiknya adalah bahwa teks itu diangkut dari Italia ke Mesir pada abad ke-3 SM, dan merupakan satu-satunya linen yang tersedia ketika wanita itu dibalsem. Akibatnya, Liber Linteus dapat dikatakan sebagai sebuah "kecelakaan" sejarah, tetapi salah satu teks paling penting adalah ketika ia datang ke bahasa Etruscan.

7. Injil Yudas (The Gospel of Judas)


Manuskrip Kuno Dunia yang Unik
©️Topten

Pada tahun 325 M, Konsili Nicea Pertama terjadi, yang diselenggarakan oleh Kaisar Romawi Konstantinus I. Meskipun sebenarnya ini bukanlah konsili pertama, namun sebagian besar ketidaksesuaian keimanan Kristen diberlakukan dalam upaya untuk mencapai konsensus atau kesepakatan atas berbagai interpretasi iman. 

Salah satu hasilnya, adalah sebagaimana menjadi pengetahuan umum umat kristen sekarang bahwa Yudas Iskariot, adalah salah satu dari kedua belas murid Yesus, yang mengkhianatinya kepada penguasa Romawi dengan imbalan 30 keping perak. 

Namun, dokumen papirus berlapis kulit ini muncul pada tahun 1970-an didekat Beni Mazar, Mesir. Ditulis dalam bahasa Koptik, dokumen itu kemudian diberi tanggal sekitar 280 AD. 

Apa yang diungkapkan naskah kuno atau teks itu tampaknya mengubah seluruh rangkaian peristiwa yang terjadi di Perjanjian Baru yang dikenal sekarang setelah konsili nicea. Dokumen ini, meskipun tidak ditulis oleh Yudas sendiri, melainkan oleh orang Kristen Gnostik, disebut dengan Injil Yudas.

Manuskrip kuno ini menuliskan ternyata Yudas bukanlah pengkhianat seperti yang dibuat oleh Alkitab yang ada sekarang ini, tetapi lebih kepada murid yang paling dipercaya Yesus. 

Teks itu mengungkapkan bagaimana Yesus menyuruh Yudas untuk menyerahkannya kepada pihak berwenang agar jiwanya mencapai Tuhan. Imbalan Yudas di sini bukanlah perak, tetapi kenaikannya ke surga dan permuliaan di atas murid-muridnya lainnya. 

Namun, tidak semua sarjana setuju dengan interpretasi ini. Sejarawan April D. DeComick percaya kata Koptik "daimon" berarti setan, dan bukan roh, seperti yang diasumsikan sebelumnya. 

Jika ini adalah kasusnya, kemungkinan besar, maka Yudas dianggap sebagai iblis khusus yang disebut Ketigabelas, atau raja setan, dan bahwa Yesus tidak dibunuh atas nama Tuhan, tetapi lebih untuk iblis sendiri.

Karena pentingnya Injil bagi agama kristen, keasliannya manuskrip ini pun dipertanyakan. Sementara papirus yang merupakan bahan manuskrip itu sendiri tertanggal abad ke-3.

Dan keraguan dari para ilmuwan dan sarjanapun beralih ke tinta yang digunakannya, karena ada beberapa inkonsistensi mengenai tinta yang digunakan dalam jangka waktu 200-an tahun, akan tetapi kemudian penelitian mengungkapkan fakta bahwa tinta itu sebenarnya sah dan nyata adanya.

8. Injil Barnabas


Manuskrip Kuno Dunia Misterius

Penemuan Injil kuno yang diyakini berusia 1500 tahun telah membuat heboh. Yang membuat gempar, Injil kuno tersebut ternyata memprediksi kedatangan Nabi Muhammad SAW sebagai penerus risalah Isa (Yesus) di bumi.

Banyak yang menyebutkan bahwa injil tersebut adalah Injil Barnabas. Menurut mailonline, injil yang tersimpan di Turki itu ditulis tangan dengan tinta emas menggunakan bahasa Aramik. 

Dan bahasa Aramik sendiri merupakan bahasa yang dipercayai digunakan oleh Yesus sehari-hari. Dan di dalam injil ini dijelaskan ajaran asli Yesus serta prediksi kedatangan penerus kenabian setelah Yesus. Manuskrip atau Alkitab kuno ini sekarang tersimpan di Museum Etnografi di Ankara, Turki.

Uniknya, dalam Injil Barnabas memang diungkapkan tentang akan datangnya Rasul bernama Muhammad SAW, setelah Nabi Isa. 

Berikut isi Injil Barnabas yang menyebut tentang Nabi Muhammad:

Bab 39 Barnabas: 

''Terpujilah nama-Mu yang kudus, ya Allah Tuhan kita... Tiada Tuhan Selain Allah dan dan Muhammad adalah utusan-Nya''.

Masih pada bab 39 yang mengisahkan tentang Nabi Adam, nama Nabi Muhammad SAW juga disebut dalam dialog antara Nabi Adam dengan Tuhan. 

''...Apa arti kata-kata, Muhammad utusan Allah, apakah ada manusia sebelum aku?''

Bab 41 Barnabas:  

"Atas perintah Allah, Mikael mengusir Adam dan Hawa dari surga, kemudian Adam keluar dan berbalik melihat tulisan pada pintu surga 'Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah...''

Pada Bab 44 Barnabas Yesus atau Nabi Isa menyebut nama Nabi Muhammad. ''Oh, Muhammad Tuhan bersamamu...''

Bab 97: Yesus menjawab: 

"Nama Mesias sangat mengagumkan, karena Allah sendiri yang memberinya nama, ketika menciptakan jiwanya dan menempatkannya di dalam kemuliaan surgawi. Allah berkata: 'Tunggu Muhammad; karena kamu Aku akan menciptakan firdaus, dunia, dan banyak makhluk... Siapa pun yang memberkatimu akan diberkati, dan barangsiapa mengutukmu akan dikutuk...''

Bab 112: Dalam bab ini Nabi Isa (Yesus) bercerita kepada Barnabas bahwa dirinya akan dibunuh. Namun, kata Nabi Isa, Allah akan membawanya naik dari bumi. Sedangkan orang yang dibunuh sebenarnya adalah seorang pengkhianat yang wajahnya diubah seperti Nabi Isa. Dan orang-orang akan percaya bahwa yang disalib itu adalah Nabi Isa. 

''Tetapi Muhammad akan datang... Rasul Allah yang suci,'' kata Nabi Isa. 

Nama Nabi Muhammad juga disebut pada Bab 136, 163, dan 220. Isi Injil Barnabas di atas dikutip dari barnabas.net

Menurut Laman Al-Arabiya, meskipun spekulasi tentang kitab kuno yang diduga sebagai Injil Barnabas itu meramalkan kedatangan Islam, namun sejauh ini tidak ada bukti yang menegaskan hipotesis tersebut.

Walau Injil Barnabas "mengakui" kedatangan Islam dan Nabi Muhammad SAW, namun skeptisisme tetap muncul karena kontradiksinya dengan Alquran. 

"Sebab, sebagian besar studi tentang kitab ini menyatakan Injil Barnabas hanya kembali ke 500 tahun yang lalu. Sementara, Alquran telah ada sejak 1400 tahun silam," demikian tulis Al-Arabiya.

Adanya kontradiksi inilah yang menjadi alasan utama mengapa para sarjana Arab mengabaikan terjemahan bahasa Arab Injil tersebut, yang diterbitkan 100 tahun lalu. Sebagaimana diulas secara rinci oleh penulis dan pemikir Mesir, Abbas Mahmoud Al-Akkad.

Dalam sebuah analisis yang ditulisnya pada 26 Oktober 1959 di surat kabar Al-Akhbar, Akkad mengatakan deskripsi neraka dalam Injil Barnabas didasarkan pada informasi yang relatif baru yang tidak tersedia pada saat di mana teks itu seharusnya ditulis. 

"Sejumlah deskripsi yang tertulis dalam Injil itu merupakan kutipan orang-orang Eropa dari sumber-sumber Arab," ungkapnya.

Seorang pendeta Protestan Ihsan Ozbek mengatakan Injil itu berasal dari abad ke-5 atau ke-6. Sementara Barnabas, yang merupakan pemeluk pertama Kristen hidup pada abad pertama.

"Salinan Injil di Ankara mungkin telah ditulis ulang oleh salah seorang pengikut Barnabas," kata dia. Sebab, lanjutnya, ada jeda 500 tahun antara Barnabas dan penulisan salinan Injil. "Umat Islam mungkin akan kecewa bahwa Injil ini tidak ada hubungannya dengan injil Barnabas," ujarnya.

Sementara Profesor Omer Faruk menilai Injil kuno itu perlu ditelusuri lebih lanjut guna memastikan Injil itu dibuat oleh Barnabas atau pengikutnya.

(Republika)

Injil ini dianggap oleh sebagian besar akademisi, termasuk dari kalangan Kristen dan sebagian Muslim (Abbas Mahmoud Al-Akkad) datang terlambat dan pseudopigrafa. Namun, beberapa akademisi menunjukkan bahwa ini mungkin mengandung beberapa sisa-sisa dari sebuah karya apokrif sebelumnya (mungkin Gnostik, Ebionite atau Diatessaronic).

9. The Egyptian Handbook of Ritual Power



Kadang-kadang selama akhir 1970-an atau awal tahun 80-an, seorang pedagang barang antik menemukan naskah kuno sepanjang 20 halaman, yang kemudian dijual ke Universitas Macquarie di Australia pada 1981. 

Tidak ada yang tahu kapan persisnya dokumen itu ditemukan, tetapi para cendikiawan yang kemudian mempelajarinya mengatakan itu ditulis sekitar 700 AD, oleh seseorang di Mesir pra-Islam. 

Selama beberapa dekade para ilmuwan mencoba untuk menguraikannya, akan tetapi tidak ada yang berhasil hingga saat ini. Ditulis dalam bahasa Koptik, Codex "dimulai dengan serangkaian doa panjang yang berujung pada gambar dan kata-kata kekuasaan," kata Malcolm Choat dan Iain Gardner, profesor di Macquarie University dan University of Sydney.

Mesir kebanyakan dihuni oleh orang Kristen pada saat itu, dan dengan demikian ada sejumlah doa yang merujuk pada Yesus. Namun, sebagian besar mantra dan panggilan di dalam buku itu tampaknya menunjukkan Sethians. 

Satu doa panggilan "Seth, Seth, Kristus yang hidup." 

Sethians adalah sekelompok orang Kristen yang berkembang di Mesir selama abad-abad awal Kerajaan Kristen, tetapi pada abad ke-7 mereka dinyatakan sebagai bid'ah dan perlahan-lahan menghilang. 

Mereka memegang putra ketiga Seth, Adam dan Hawa, dalam hal tinggi. Naskah itu juga menyebutkan "Baktiotha," seorang tokoh yang tidak dikenal tetapi ilahi, penguasa dunia material, dan kesetiaan ambivalen.

Baca: Inilah 7 Berita Hoax Penyebab Perang di Dunia

Siapa yang benar-benar menggunakannya masih menjadi perdebatan di antara para sarjana, tetapi mungkin tidak perlu menjadi seorang biarawan atau pendeta. 

Dan meskipun teks itu ditulis dengan dalam gaya pikiran pria, namun itu tidak mengecualikan pengguna gaya pikiran wanita juga. 

Apapun masalahnya, kodeks memberi “nasihat yang bermanfaat” dalam bentuk mantra atau mantra dalam menyembuhkan berbagai kutukan, barang atau penyakit, serta membawa kesuksesan dalam cinta dan bisnis. 

Bahkan ada mantra tentang cara menundukkan seseorang dengan mengucapkan mantra magis di atas dua paku dan kemudian "mendorong mereka ke tiang pintu, satu di sisi kanan (dan) satu di sebelah kiri."
Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "9 Manuskrip Kuno Dunia yang Unik, Misterius dan Penuh Teka Teki"