Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memilih HP Baru yang Pas dan Tepat di Kantong

Telepon seluler Anda mulai ketinggalan jaman? atau mulai lemot dan siap untuk di upgrade?

Saat ini, ada begitu banyak pilihan yang bisa anda pilih untuk menggantikan smartphone lawas Anda. 
cara memilih hp baru

Cara Memilih Smartphone Baru


Akan tetapi, karena banyaknya pilihan, dengan berbagai spesifikasi dan merek serta model yang ada diluar sana, membuat sebuah pilihan untuk menggantikan HP lawas anda bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.

Dan Netizen Awam di sini akan membantu Anda untuk menyederhanakannya, dan memudahkan Anda memilih Smartphone yang sesuai untuk Anda.

Untuk lebih umum dan memudahkan Anda dalam memilih ponsel terbaru Anda, kami disini tidak akan merekomendasikan merek ponsel tertentu.


Namun Anda dapat menggunakan pedoman yang akan kami berikan untuk Anda, membuat pilihan berdasarkan informasi tentang handset apapun yang saat ini ada dipasaran. 

Sebelum kita memulai memilih smartphone apa yang cocok dan sesuai untuk pegangan Anda, terlebih dahulu akan kami jelaskan sistem operasi (OS) yang saat ini sedang merajai pasaran dunia.

Pertimbangan Sistem Operasi Smartphone (OS)


iOS VS Android


Untuk sebagian orang atau pengguna gadget, perangkat lunak atau OS (Sistem Operasi) yang digunakan oleh telepon baru meraka adalah merupakan sebuah pilihan utama, dan untuk yang lainnya, baik itu spesifikasi ataupun ukurannya hampir bukanlah sebuah masalah.

Perbedaan iOS dan Android


Jadi apa perbedaan utama antara iOS dan Android?

pertimbangan sistem operasi - os

Sistem operasi antara iOS dan Android pada saat sekarang ini sebenarnya hampir-hampir mirip daripada versi-versi sebelumnya.

Karena baik iOS maupun Android saling meminjam fitur yang ada dari satu dengan lainnya selama bertahun-tahun. 

Bahkan sebagian besar aplikasi yang mungkin menjadi aplikasi favorit Anda, seperti Facebook hingga aplikasi perpesanan instan, berjalan dengan sangat baik pada keduanya. 

Dan masing-masing dari OS tersebut menawarkan fitur-fitur fundamental yang sama untuk memungkinkan Anda melakukan semua hal yang Anda inginkan pada smartphone terbaru Anda.

Ada yang mengatakan, Android tetaplah merupakan sistem operasi seluler yang lebih user friendly dan lebihb mudah untuk di sesuaikan dengan penggunanya. 

Sebagai contoh, Anda bisa mengubah aplikasi SMS default (bawaan) atau browser default (bawaan) smarphone Anda, atau juga bisa mengubah semua ikon dan widget untuk membuat antarmuka yang benar-benar dipersonalisasi. 

Aplikasi juga dapat terhubung ke bagian ponsel yang lebih dalam, yang berarti mereka dapat melakukan tugas tambahan. 

Jadi beberapa aplikasi Android dapat membuat Anda merekam panggilan sedangkan iPhone tidak membiarkan Anda untuk mempersonalisasi aplikasi nya jauh lebih dalam ke sistemnya.

iOS lebih mudah dipoles tetapi lebih ketat dan baik dalam keamanan dibandingkan Android.

Mungkin untuk terburuknya, sistem operasi iOS Apple lebih membatasi Anda dalam hal apa yang memungkinkan aplikasi dan pengguna lakukan di iPhone. 

Namun para penggemarnya akan mengatakan bahwa hal itu dibuat agar para pengguna dapat mengoperasikan gadget Apple nya dengan lebih lancar.

Sementara itu, para pengkritiknya akan mengatakan itu terlalu membatasi. 

Contohnya: Anda dapat menginstal Outlook dan Gmail di iPhone, akan tetapi ketika Anda menekan untuk mengirim email ke salah satu kontak Anda, aplikasi yang benar-benar terbuka akan tetap selalu menjadi Apple Mail.

iPhone juga dirancang untuk bekerja terutama dengan peralatan Apple lainnya, seperti MacBook dan Apple Watch. 

Namun, Anda masih dapat dengan mudah menyinkronkan ponsel Anda dengan iTunes di Windows atau menggunakannya tanpa komputer sama sekali. 

Untuk memilih antara Android dan iPhone, Anda juga harus memikirkan aplikasi dan platform lain yang Anda gunakan.

cara memilih smartphone baru

Terlepas dari beberapa perdebatan yang mungkin Anda baca secara online, Android dan iOS cukup banyak dalam hal kinerja dan fitur. 
Masing-masing memiliki hasrat dan cara kerjanya sendiri. 

Jadi jika Anda sudah pernah menggunakan satu platform OS sebelumnya, sebagai perbandingan Anda bisa mencoba menggunakan ponsel teman Anda selama sepuluh menit untuk melihat seperti apa versi OS yang lainnya.

Setia Atau Ganti OS


Jika Anda sudah cukup lama menggunakan smarphone dengan salah satu OS tersebut, baik iOS ataupun Android, ketika Anda memilih antara Android dan iOS, dan Anda memilih sedikit pengalaman dengan OS lainnya, sehingga cukup sulit untuk dibandingkan, sepertinya Anda harus lebih banyak lagi mempertimbangkan apakah itu sepadan dengan upaya Anda untuk beralih OS. 

Karena itu, tidak heran Apple dan Google ingin mengunci pengguna ke aplikasi dan layanan mereka sekuat mungkin.

Jika Anda banyak menggunakan produk google, seperti gmail, google drive, google foto, dan sebagainya, dan Anda ingin beralih ke iOS, hal itu cukup mudah untuk dilakukan, karena semua Aplikasi Google tersedia di kedua platform.

Cukup menginstal aplikasi google di ponses Apple terbaru anda dan semua berjalan dengan lancar.

Namun, jika Anda banyak menghabiskan waktu yang lama di pasaran Apple, seperti iMessage, icloud, facetime dan sebagainya, kemudian Anda pindah ke Android, yakinlah ini bisa membuat Anda kepala Anda berdenyut-denyut, karena Anda harus mengeluarkan diri Anda dari iMessage, misalnya.

Dan tidak ada film ataupun musik di iTunes yang telah Anda beli akan berfungsi di Android (untuk menontonnya, Anda harus menggunakan iTunes di komputer, iPad, atau Apple TV).

Admin sendiri memiliki pengalaman ini. Bagaimana susahnya keluar dari iMessage, gadget saya tidak dapat mengirim pesan (SMS), hanya bisa menerima pesan.


Dijelaskan bahwa untuk dapat mengirim pesan, terlebih dahulu harus mematikan fitur iMessage dan Facetimenya, namun setelah dimatikan, saya tetap tidak bisa mengirim pesan atau SMS. 

"pesan tidak terkirim"

Sebenarnya untuk beralih dari iPhone ke Android bukanlah sebuah hal yang mustahil. Namun untuk melakukannya (praktekny) yang sulit dan memusingkan kepala.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan gadget iPhone namun banyak menggunakan Aplikas dari Google, untuk beralih ke Android tentunya tidak akan susah.

Jadi yang membuat Anda susah beralih dari Apple ke Android adalah tergantung pada bagaimana Anda terikat dengan berbagai layanan Apple, seperti iCloud, iMessage, Apple Mail, karena Anda tidak akan mendapatkan aplikasi ini di Android. 

Aplikasi Apple utama yang Anda dapatkan di platform Google adalah Apple Music.

Kebanyakan orang mengupgrade atau memilih perangkat smartphone yang baru memutuskan untuk tetap menggunakan apa yang telah mereka ketahui. 

Prosesnya akan lebih cepat, dan baik iOS dan Android memungkinkan Anda mengatur telepon baru dari yang lama, yang berarti Anda dapat mentransfer banyak barang Anda ke handset baru Anda dengan sangat mudah dan sederhana.

Ada juga yang mengatakan, kami juga merekomendasikan untuk mengecek apa yang ditawarkan pihak lain, jika ada fitur atau fungsi baru yang mungkin menarik perhatian Anda.

Atau mungkin Anda lebih memilih antarmuka yang user friendly. 

Jika Anda memiliki produk MacBook atau Apple TV, maka pilihan yang tepat adalah Anda beralih ke iPhone. 

Jika Anda banyak menggunakan Aplikasi besutan google, maka akan lebih baik jika Anda beralih ke Android.

Maksud dari Spesifikasi Smartphone

Pertimbangan Spesifikasi Smartphone


Spesifikasi smartphone secara umum mirip dengan spesifikasi komputer.
  • Ada Prosessor yang mengontrol seberapa cepat ponsel Anda dapat "berpikir"
  • Ada RAM (Random Akses Memory) yang menentukan seberapa banyak ponsel dapat menjalankan aplikasi sekaligus.
  • Dan ruang penyimpanan (storage/ memory) yakni berupa ruang yang disediakan untuk menyimpan semua aplikasi, musik, game, dan file Anda lainnya.
  • Di atas dari semua itu, Anda tentu harus juga memikirkan tentang ukuran layar dan resolusinya. 
Karena ini dapat mempengaruhi ketajaman gambar dan teks yang ada di layar, serta betapa mudah dan gampangnya ponsel untuk digenggam satu tangan. 

Saat ini, ukuran kecil dan enak digenggam dengan satu tangan semakin berkurang penggemarnya, tren yang ada sekarang adalah gadget smartphone untuk layar yang lebih besar.

Namun, jika Anda akan memiliki anggaran cukup ketat, maka spesifikasi high-end, ultra-premium, smartphone tidaklah terlalu penting, dan jauh lebih penting daripada laptop Anda. 

Saat ini, semua smartphone dari berbagai merek dan OS dapat menjalankan Facebook dan Instagram, dan Anda tidak perlu menggantikan smartphone Anda dengan yang terbaru dengan spesifikasi hardware yang 'WAH" - high end.

Kecuali jika Anda menginginkannya untuk bermain game-game terbaru dan butuh spesifikasi tinggi, atau Anda menggunakan aplikasi intensif seperti editor video mobile yang berkecepatan tinggi.

Pertimbangan Smartphone Anti Air dan Debu


Detail lain yang harus Anda perhatikan adalah perlindungan kedap air (anti air) dan debu.
Atau juga Anda bisa mempertimbangkan gadget yang dapat memperluas penyimpanan eksternal, jika penyimpanan internal gadget tersebut terasa kurang.

Untuk penyimpanan ekternal ini tidak akan pernah Anda temukan di iPhone.

Pertimbangan Penyimpanan Eksternal


Sebagai pengalaman juga, jika penyimpanan internal Anda telah penuh, maka untuk memperluas ruang penyimpanan smartphone iPhone, Anda harus mengeluarkan biaya bulanan untuk penyimpanan cloud Apple.

Yang lainnya yang dapat menjadi pertimbangan Anda adalah pengisian daya nirkabel. 

Banyak ponsel sekarang menawarkan fitur ini untuk kenyamanan ekstra.

Pertimbangan Kamera Smartphone


Salah satu spesifikasi paling penting untuk pembeli ponsel pintar adalah kualitas kamera, yang biasanya tercantum dalam ukuran megapiksel (ukuran gambar) dan ukuran aperture atau f-number (berapa banyak cahaya yang memungkinkan sensor masuk). 

Megapiksel yang lebih besar dan f-number yang lebih kecil biasanya berarti gambar yang dihasilkan lebih baik, tetapi banyak faktor yang lainnya yang dapat menentukan kualitas kamera ponsel cerdas. 

Ketika Anda menimbang keputusan untuk memiliki smartphone terbaru adalah kamera, maka Anda juga harus memeriksa ulasan profesional, ulasan pengguna, dan pengambilan sampel secara online.

Pertimbangan Baterei Smartphone


Terakhir, daya tahan baterai adalah pertimbangan penting lainnya. 

Ukuran baterai smartphone diukur dalam mAh atau milliampere/hour, dengan angka yang lebih tinggi yang berarti lebih banyak tenaga. 

Akan tetapi banyak faktor lain yang mempengaruhi ketahanan daya baterei, seperti ukuran layar dan resolusi, akan mempengaruhi seberapa cepat daya baterei tergerus. 

Sebagai bahan pertimbangan Anda, sekali lagi, selalu periksa ulasan yang dapat Anda temukan secara online dan ambil informasi daya tahan baterai produsen yang dicantumkan.

Memilih Harga Smartphone yang Tepat


Pertimbangan terakhir, dan mungkin yang paling penting bagi banyak dari kita, adalah harga. 

Salah satu cara cepat mempersempit dan menyederhanakan pilihan Anda untuk ponsel baru adalah dengan menetapkan anggaran yang Anda siapkan dan melihat apa yang tersedia dalam kisaran harga Anda.

Ponsel Android memiliki lebih banyak variasi harga daripada iPhone. 

Selain ponsel andalannya yang mahal, sebagian besar produsen Android juga menawarkan versi menengah yang layak bagi mereka dengan anggaran yang lebih ketat atau dengan kebutuhan yang lebih rendah. 

Konon, Apple menyediakan beberapa opsi di samping iPhone terbaru, seperti menjual iPhone tahun-tahun sebelumnya, dan baru-baru ini menawarkan iPhone SE sebagai opsi yang lebih kecil dan lebih murah untuk pembeli.

Untuk sebagian besar, ponsel yang harganya berkisaran 1 sampai 3 juta akan tetap melayani Anda sama halnya seperti mereka melayani konsumen dengan ponsel seharga puluhan juta.

Akan tetapi Anda mungkin harus mengorbankan: resolusi layar, kualitas kamera, atau kecepatan memuat aplikasi. 

Untuk telepon jangka pendek Anda, lihat beberapa ulasan online profesional untuk mengukur apakah Anda mendapatkan nilai yang tepat untuk uang Anda.

Opsi Smartphone refurbed atau Smartphone Second/ Bekas. 


Tentu, Anda mendapatkan handset yang mungkin sedikit usang, tetapi perangkat ini biasanya akan berfungsi sama seperti yang baru, dan penghematannya bisa sangat besar. 

Pastikan Anda membeli dari sumber yang memiliki reputasi baik dan mencari tambahan seperti jaminan untuk peralatan yang Anda perbaiki.

Ponsel yang lebih tua juga merupakan pilihan di sini. Ketika handset baru tiba, generasi sebelumnya turun harga, meskipun mereka masih sangat mampu. Belilah ponsel unggulan dari tahun lalu atau setidaknya paling lama berumur 18 bulan, dan Anda mungkin terkejut melihat apa yang dapatkan.

Pertimbangan waktu


Last but not least, Anda juga harus mempertimbangkan waktu ketika Anda berencana untuk membeli smartphone baru. 

cara memilih smartphone baru

Jika tidak, handset baru Anda yang mengkilap bisa diganti dalam hanya beberapa minggu saja.

Apple biasanya meluncurkan iPhone baru pada bulan September, dan Google Pixels menyusul tidak lama kemudian. 


Sebagian besar produsen lain memperbarui ponsel mereka sekitar bulan Maret, meskipun ini dapat bervariasi.

Jadi, ketika Anda melihat ponsel tertentu, periksalah saat diluncurkannya. 

Jika ternyata ponsel tersebut telah diluncurkan satu tahun, maka Anda mungkin lebih baik menunggu versi berikutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih HP Baru yang Pas dan Tepat di Kantong"