Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa itu Pankreatitis? Gejala, Penyebab, Diagnosis dan Perawatan

Disk Jockey terkenal asal Swedia DJ Avicii telah meninggal pada usia 28, setelah menderita masalah kesehatan termasuk Pankreatitis Akut.

Tim Bergling, yang juga dikenal sebagai Avicii ditemukan tewas di Muscat, Oman pada Jumat sore waktu setempat, 20 April 2018.

Apa Itu Pankreatitis?


Penyebab kematian Avicii tidak jelas, tetapi masalah kesehatan sebelumnya memaksanya untuk berhenti dari musik pada tahun 2014. 

Pada bulan September itu, penduduk asli Stockholm membatalkan banyak tur dan penampilan karena operasi untuk mengangkat kantong empedunya dan usus buntu.
Apa itu Pankreatitis Akut dan Pankreatitis Kronis

Besar kemungkinan masalah kesehatan yang dihadapi DJ Avicii adalah Pankreatitis Akut. Karena itu ada baiknya kita mengenal apa itu Pankreatitis? Gejala Pankreatitis, dan bagaimana cara diagnosisnya serta perawatannya.

Berikut ini adalah pengertian dari apa itu pankreatitis, jenis, gejala, penyebab, diagnosis dan perawatannya seperti yang kami lansir dari laman webmd.


Pankreas adalah sebuah organ berukuran kecil yakni kelenjar besar di belakang lambung dan di samping usus kecil dibawah tulang iga. 

Pankreas melakukan dua hal utama: 

1. Memproduksi enzim pencernaan yang kuat ke dalam usus kecil untuk membantu mencerna makanan,  dan ..

2. Memproduksi hormon insulin dan glukagon ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini membantu tubuh mengontrol bagaimana ia menggunakan makanan untuk energi.

Pankreatitis adalah penyakit di mana pankreas menjadi meradang. Kerusakan pankreas terjadi ketika enzim pencernaan diaktifkan sebelum dilepaskan ke usus kecil dan mulai menyerang pankreas.

Ada dua jenis Pankreatitis: Akut dan Kronis.


Pankreatitis Akut


Pankreatitis akut adalah peradangan mendadak yang berlangsung untuk waktu yang singkat. Hal ini bisa berkisar dari ketidaknyamanan ringan hingga penyakit berat yang mengancam jiwa. 

Kebanyakan orang dengan pankreatitis akut pulih sepenuhnya setelah mendapatkan perawatan yang tepat. 

Dalam kasus yang parah, pankreatitis akut dapat menyebabkan perdarahan ke dalam kelenjar, kerusakan jaringan yang serius, infeksi, dan pembentukan kista. 

Pankreatitis yang parah juga dapat membahayakan organ vital lainnya seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

Pankreatitis kronis. 


Pankreatitis kronis adalah peradangan pankreas yang berlangsung lama. Paling sering terjadi setelah episode pankreatitis akut. 

Minuman beralkohol berat adalah penyebab besar dari pankreatitis selain yang lainnya. Kerusakan pankreas akibat penggunaan alkohol berat mungkin tidak memperlihatkan gejala mengalami pankreatitis selama bertahun-tahun, akan tetapi kemudian pasian bisa mungkin tiba-tiba mengalami gejala pankreatitis parah.

Apa Gejala Pankreatitis?


Gejala Pankreatitis Akut:

  • Nyeri perut bagian atas yang memancar ke belakang; Ini bisa diperburuk dengan makan, terutama makanan tinggi lemak.
  • Perut bengkak dan lembut
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Peningkatan denyut jantung

Gejala Pankreatitis Kronis:


Gejala pankreatitis kronis mirip dengan pankreatitis akut. Pasien sering merasakan nyeri konstan di perut bagian atas yang menjalar ke punggung. 

Pada beberapa pasien, rasa sakit mungkin melumpuhkan. Gejala lainnya adalah diare dan penurunan berat badan yang disebabkan oleh penyerapan yang buruk (malabsorpsi) makanan. 

Malabsorpsi ini terjadi karena kelenjar tidak melepaskan cukup enzim untuk mencerna makanan. Juga, diabetes dapat berkembang jika sel-sel pankreas yang memproduksi insulin rusak.

Apa Penyebab Pankreatitis?


Dalam banyak kasus, pankreatitis akut disebabkan oleh batu empedu atau penggunaan alkohol berat. 

Penyebab lainnya termasuk obat-obatan, penyakit autoimun, infeksi, trauma, gangguan metabolisme, dan pembedahan. Namun juga 15% dari pasien penderita pankreatitis akut, penyebabnya tidak diketahui.


Pada sekitar 70% pasien penderita pankreatitis kronis disebabkan oleh penggunaan alkohol yang lama. 

Penyebab lainnya termasuk batu empedu, gangguan herediter pankreas, fibrosis kistik, trigliserida tinggi, dan obat-obatan tertentu. Pada sekitar 20% hingga 30% kasus, penyebab pankreatitis kronis tidak diketahui.

Apa Faktor Risiko untuk Pankreatitis?


Pankreatitis dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada orang dengan faktor risiko tertentu.

Faktor risiko pankreatitis akut meliputi:

  • Batu empedu
  • Minuman beralkohol berat

Pankreatitis akut mungkin merupakan tanda pertama batu empedu. Batu empedu dapat menghalangi saluran pankreas, yang dapat menyebabkan pankreatitis akut.

Faktor risiko untuk pankreatitis kronis termasuk:

  • Minum alkohol berat untuk waktu yang lama
  • Kondisi herediter tertentu, seperti cystic fibrosis
  • Batu empedu
  • Kondisi seperti trigliserida tinggi dan lupus

Penderita pankreatitis kronis biasanya pria antara usia 30 dan 40, tetapi pankreatitis kronis juga dapat terjadi pada wanita.

Bagaimana Pankreatitis Didiagnosis?


Untuk mendiagnosis pankreatitis akut, dokter mengukur kadar dalam darah dua enzim pencernaan, amilase dan lipase. Tingkat tinggi dari dua enzim ini sangat menyarankan pankreatitis akut.

Dokter juga dapat menggunakan tes lain, seperti:
  • Tes fungsi pankreas untuk mengetahui apakah pankreas membuat jumlah enzim pencernaan yang tepat
  • Tes toleransi glukosa untuk mengukur kerusakan sel-sel di pankreas yang membuat insulin
  • Ultrasound, CT scan, dan MRI, yang membuat gambar pankreas sehingga masalah dapat dilihat
  • ERCP untuk melihat saluran pankreas dan empedu menggunakan sinar-X
  • Biopsi, di mana jarum dimasukkan ke pankreas untuk mengangkat sampel jaringan kecil untuk dipelajari

Pada tahap penyakit yang lebih lanjut, dokter mungkin menggunakan tes darah, urin, dan tinja untuk memastikan diagnosis.

Bagaimana Pankreatitis Diobati?

Perawatan untuk Pankreatitis Akut


Penderita pankreatitis akut biasanya diobati dengan cairan intravena dan obat pereda nyeri di rumah sakit. 

Pada beberapa pasien, pankreatitis bisa parah dan mereka mungkin perlu dirawat di unit perawatan intensif (ICU). 

Di ICU, pasien diawasi dengan ketat karena pankreatitis dapat merusak jantung, paru-paru, atau ginjal. 

Beberapa kasus pankreatitis parah dapat menyebabkan kematian jaringan pankreas. Dalam kasus ini, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat jaringan yang mati atau rusak jika infeksi berkembang.

Serangan akut pankreatitis biasanya berlangsung beberapa hari. Serangan akut pankreatitis yang disebabkan oleh batu empedu mungkin memerlukan pengangkatan kantong empedu atau operasi saluran empedu. 

Setelah batu empedu dikeluarkan dan peradangan hilang, pankreas biasanya kembali normal.

Perawatan untuk Pankreatitis Kronis


Pankreatitis kronis bisa sangat sulit untuk diobati. Dokter akan mencoba untuk meringankan rasa sakit pasien dan memperbaiki masalah nutrisi. Pasien umumnya diberikan enzim pankreas dan mungkin memerlukan insulin. Diet rendah lemak juga dapat membantu.


Pembedahan dapat dilakukan dalam beberapa kasus untuk membantu meredakan nyeri perut, mengembalikan drainase enzim pankreas atau hormon, mengobati pankreatitis kronis yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pankreas, atau mengurangi frekuensi serangan.

Pasien harus berhenti merokok dan minum minuman beralkohol, ikuti saran diet dokter dan ahli diet mereka, dan minum obat yang tepat agar memiliki lebih sedikit dan lebih ringan serangan pankreatitis.

Dapatkah Pankreatitis Dicegah?


Karena sebagian besar kasus pankreatitis disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol, pencegahan diarahkan pada minum yang bertanggung jawab atau tidak minum sama sekali. 

Jika minum berat adalah masalah, bicarakan dengan dokter atau ahli kesehatan Anda tentang rujukan ke pusat perawatan alkohol. 
Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Apa itu Pankreatitis? Gejala, Penyebab, Diagnosis dan Perawatan "