Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Saatnya Anda Menghapus Sebagian Besar Aplikasi di Ponsel dan iPhone Anda

Tahukah Anda bahwa Aplikasi yang tidak digunakan di ponsel dan iPhone Anda bukan hanya memenuhi memori iPhone Anda, namun dapat lebih berbahaya dari itu.

Tidak terasa telah satu dekade, ikon App Store muncul di iPhone. 

App Store memulai debutnya dengan hanya memiliki total 500 aplikasi saja, tapi sekarang jumlah itu telah berkembang menjadi lebih dari 2 juta kali. 
hapus aplikasi sampah dari ponsel dan iphone anda

Dengan jumlah aplikasi yang cukup besar itu, dan setiap ada aplikasi baru, kita selalu ingin mencobanya, atau setidaknya hanya ingin tahu saja.

Dan itu cukup mengganggu kinerja iPhone Anda. Kecuali Anda orang yang sangat teliti tentang praktik pemeliharaan ponsel Anda. 

Namun jika tidak, ada kemungkinan besar bahwa Anda memiliki lebih banyak aplikasi daripada yang Anda butuhkan, dan itu bisa merusak keseluruhan pengalaman ponsel cerdas Anda.

Hapus Aplikasi Sampah di Ponsel dan iPhone Anda


Pada ulang tahun ke-10 App Store ini adalah sebuah kesempatan yang cukup sempurna untuk menggunakan smartphone Anda dengan lebih cerdas dan lebih baik lagi, (hal ini juga berlaku bagi Anda pengguna Android) serta membersihkan sebagian besar unduhan yang tidak pantas selama dekade terakhir. 

Ya, itu artinya, ucapkan selamat tinggal pada aplikas-aplikasi sampah itu.

Pertanyaannya adalah Bagaimana Aplikasi Sampah itu Bisa ada di Smartphone Anda?

Sebuah laporan tahun 2017 menemukan bahwa rata-rata orang meluncurkan sekitar sembilan aplikasi per hari dan berinteraksi dengan sekitar 30 aplikasi selama sebulan. 

hapus aplikasi sampah dari app store iphone anda

Sesuai dengan studi yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Nielsen, yang menemukan bahwa pengguna smartphone biasa menggunakan sekitar 27 aplikasi selama sebulan. 

Yang artinya, rata-rata orang membutuhkan sedikitnya lebih dari satu halaman aplikasi untuk penggunaan normal, dan untuk menghapusnya bisa menjadi hal yang sulit dilakukan.

Konsep "penimbunan digital" sebagian besar masih berupa colloquialism pada saat ini, tetapi gagasan bahwa sejumlah besar aplikasi dan data mencegah kita dari mencari dan memanfaatkan utilitas yang benar-benar berguna menjadi sangat jelas ketika bergulir melalui halaman demi halaman superflous unduhan. 

Dan mekanisme yang mendasari untuk menjaga aplikasi itu untuk tetap ada adalah dimana hal tersebut menyentuh bagian otak kita yang menciptakan keterikatan emosional yang tidak masuk akal terhadap hal-hal yang kita pikir seperti "mungkin aplikasi ini akan saya perlukan nanti".

Dan menghilangkan paradigma ini akan membuat smartphone Anda lebih berdaya guna dan lebih hemat ruang penyimpanan.

Saat Anda membersihkan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu dari smartphone Anda, maka hal ini akan membuat smartphone Anda lebih memiliki daya tarik untuk digunakan dan dilihat.

Dan kelebihan lainnya adalah juga dapat membuatnya menjadi lebih aman. 

Aplikasi-aplikasi lama yang tidak lagi mendapatkan atau dapat dukungan pembaruan/ update berkala, karena Anda tidak pernah menggunakannya dapat memiliki celah keamanan yang serius. 

Bayangkan betapa buruknya menahan peretasan karena aplikasi efek suara baru yang Anda unduh untuk dicuri pada teman-teman Anda?

Perhatikan Aplikasi Apa yang Benar-benar Anda Gunakan dan Butuhkan


Aplikasi yang Anda unduh untuk mensinkronisasikan kembali galery photo Anda yang hilang saat liburan dua tahun lalu? 

Aplikasi yang menunjukkan seperti apa wajah Anda jika Anda sudah tua nanti, yang yaahhh.., memang cukup menyenangkan untuk digunakan selama sekitar tiga sampai lima menit dan kemudian Anda tidak pernah menggunakannya lagi? 

Smartphone IPhone memiliki cara otomatis untuk menghilangkan aplikasi-aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi saat Anda perlu untuk mengosongkan ruang memori penyimpanan di perangkat Anda. 

Buka pengaturan> Umum> Penyimpanan iPhone (Settings > General > iPhone Storage)

Dan itu akan memberi Anda opsi "Offload Aplikasi yang Tidak Digunakan" ("Offload Unused Apps") yang secara otomatis akan menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan secara teratur.

Tetapi walau demikian akan tetap menyimpan dokumen serta data yang menyertainya. Opsi ini akan menghemat ruang penyimpanan iPhone Anda lebih dari 23 GB.

Berkat Apple dan inisiatif kesehatan digital Google, pengguna Apple maupun Android akan segera memiliki gagasan yang jauh lebih baik tentang aplikasi apa yang benar-benar mereka gunakan.

Generasi selanjutnya dari kedua sistem operasi ini akan mencakup dasbor yang melacak berapa banyak waktu yang Anda habiskan di setiap aplikasi. 

hapus aplikasi sampah dari play store ponsel anda

Namun, jika Anda tidak sabar menunggu solusi dari pihak pertama (Apple dan Google) untuk diluncurkan, Anda dapat mencoba aplikasi seperti "Momen".

Aplikasi untuk mencegah Anda menghabiskan terlalu banyak waktu dalam aplikasi tertentu, akan tetapi dapat memberikan wawasan serupa tentang aplikasi yang telah Anda hamburkan.

Temukan Aplikasi yang Memakan Banyak Memori Ponsel Anda


Beberapa aplikasi memakan ruang masing-masing di memori gadget Anda. 

Game dengan grafis mewah seperti PUBG, misalnya, dapat menghabiskan beberapa gigabyte ruang pada penyimpanan bawaan ponsel Anda. 
Aplikasi yang lebih kecil, yang secara mengejutkan akan tumbuh ketika mereka mulai mengumpulkan dan menyimpan data. 

Aplikasi pengeditan foto, video, dan audio terkenal untuk jenis ini karena mereka menyimpan versi media asli di dalamnya. 

Aplikasi lain seperti jejaring sosial akan terus membangun data yang tersimpan sampai Anda masuk dan membersihkannya secara berkala.

Masuk ke Pengaturan> Umum> Penyimpanan iPhone (Settings > General > iPhone Storage) juga akan memberi Anda penghitungan berjalan dari berapa banyak ruang yang diambil setiap aplikasi. 

Mengklik ke aplikasi tertentu akan memberi tahu Anda berapa banyak penyimpanan yang didedikasikan untuk aplikasi itu sendiri, dan seberapa banyak yang didedikasikan untuk dokumen dan data yang telah terakumulasi. 

Memilih "aplikasi offload" akan menghapus aplikasi, akan tetapi tetap menyimpan datanya sehingga Anda dapat menginstalnya kembali nanti untuk melanjutkannya.

Untuk pengguna Android, prosesnya sedikit berbeda. 

Di Android Oreo, Anda tidak mendapatkan penghitungan berjalan dari semua aplikasi dan ukurannya. 

Sebaliknya, Anda harus mengeklik kategori dan menemukan aplikasi berdasarkan penggunaannya.

Ada kategori "aplikasi lain" untuk kategori yang tidak sesuai dengan kategori tingkat atas.

Hapus Aplikasi yang Paling Sering Melacak Keberadaan dan Posisi Anda


Saat ini, sudah sangat berbeda dibandingkan pada tahun 2008 silam. 

Pada waktu itu, kebanyakan orang tidak mempertimbangkan beberapa fakta bahwa aplikasi senter yang sederhana dapat melacak keberadaan dan posisi pengguna smartphone.

Atau aplikasi jaringan sosial melakukan segala daya dan upaya mencoba untuk melacak Anda dan mengumpulkan cukup banyak informasi untuk membuat robot gaya Westworld berkualitas yang layak dalam keserupaan Anda. 

hapus aplikasi pelacak lokasi anda dari ponsel dan iphone

Sekarang, tentu saja, kita tahu betapa naifnya pemikiran itu.

Masuk ke halaman Pengaturan di iOS akan memberi Anda daftar dari aplikasi yang sedang berjalan yang Anda miliki di ponsel Anda.

Dadn indikator sederhana tentang aspek-aspek mana dari perangkat Anda yang dapat mengakses tentang keberadaan Anda.

Ini adalah praktik yang baik untuk dilakukan, untuk masuk dan mematikan akses pelacakan lokasi, atau setidaknya beralih ke “saat menggunakan aplikasi” saja, untuk mencegahnya mengawasi lokasi Anda setiap saat.

Melindungi lokasi Anda saat ini bisa menjadi sangat rumit daripada apa yang terlihat. 

Jika Anda membiarkan aplikasi mengakses gambar Anda, misalnya, itu berarti ia dapat mengakses data lokasi di geotag foto Anda. 

Dengan demikian, aplikasi tadi akan menganalisis data itu (yang aksesnya gratis) dan bisa mengumpulkan data tentang di mana Anda berada dengan ponsel cerdas Anda tanpa harus bergantung pada GPS.

Singkatnya, ini adalah saat yang tepat untuk memangkas aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel cerdas Anda. 

Hidup Anda akan terus berjalan tanpa aplikasi yang membuat foto Anda terlihat seperti lukisan minyak. Percayalah!

Posting Komentar untuk "Saatnya Anda Menghapus Sebagian Besar Aplikasi di Ponsel dan iPhone Anda"