Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Aplikasi VPN Gratis dan Berbayar Terbaik untuk Smartphone Anda

Apa itu VPN? Apa fungsi VPN? Apa manfaat VPN? Apa saja kelebihan dan kekurangan VPN? dan bagaimana cara menggunakannya?

Aplikasi VPN Gratis dan Berbayar Terbaik

Aplikasi VPN Gratis dan Berbayar Terbaik

Itulah daftar pertanyaan yang pertama kali timbul dibenak saya, waktu mendengar kata VPN. 

Pertama kali saya mengenal kata VPN adalah ketika saya dihadapkan pada sebuah kendala waktu akan mencoba mengakses beberapa situs tertentu yang terkena dampak pemblokiran dari pemerintah atau yang biasa langsung diarahkan ke halaman internetpositif uzone.

Baca juga: Cara Mudah Melacak Pemilik Nomor HP Tanpa Aplikasi

Secara bahasa, VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yakni sebuah koneksi jaringan internet private yang dilakukan melalui jaringan internet publik. 

Dalam pengertian VPN secara bahasa tersebut, terdapat kata Virtual, atau bayangan, yang berarti jaringan internet yang terhubung dengan pengguna tidak secara langsung berhubungan antara dua titik, akan tetapi melalui sebuah jaringan bayangan (virtual) sehingga titik yang satu tidak langsung menuju titik yang kedua.

Kata yang kedua adalah Private (pribadi) yang berarti sebuah koneksi jaringan yang terbentuk secara private atau pribadi, akan tetapi dilakukan melalui suatu jaringan internet publik, dimana tidak semua pengguna atau orang dapat mengaksesnya.

Sehingga data yang terkirim dan diterima melalui jaringan internet sifatnya terenkripsi, tetap rahasia walaupun saat mengaksesnya pengguna VPN menggunakan jaringan internet publik.

Dari pengertian bahasa tersebut dapat kita ibaratkan sebuah jalan, dimana ada jalan khusus didalam jalan umum tadi seperti misalnya terowongan, dimana sifatnya tertutup dan tidak dapat diakses oleh pengguna dari luar terowongan.

VPN dapat disimpulkan sebagai sebuah akses atau jalur khusus yang sifatnya private, dan rahasia yang dilakukan melalui sebuah jaringan internet publik.

Dengan demikian, VPN adalah sebuah jaringan private, rahasia dan terenskripsi didalam jaringan publik yang dapat tidak dapat diakses oleh semua orang, dimana perpindahan data dari pengguna dan penyedia data bersifat rahasia, aman dan private.

Dengan VPN ini pengguna dalam mengakses internet, seolah-olah membuat jaringan sendiri didalam jaringan biasa dan sering disebut sebagai tunnel (terowongan). 

Tunneling adalah suatu cara membuat jalur private dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga, yang memiliki tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec), yang dapat digunakan oleh VPN. 

VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi, sehingga sifatnya sangat rahasia dan aman.

Smartphone yang menggunakan VPN, tidak akan mudah dilacak posisi dan lokasinya, apalagi sampai ketingkat yang lebih jauh lagi, yakni melacak pemilik no hp tersebut. 

Masalah keamanan cyber saat ini adalah suatu masalah yang sangat besar, apalagi sekarang kita hidup dijaman digital, dimana semua hal dapat dilakukan secara online dan digital, terutama dengan menggunakan smartphone. 

Era digital ini, hampir semua yang dulu kita lakukan secara manual dapat dilakukan secara online, seperti bertransaksi secara online, misalnya belanja online, banking online, contoh vpn bca, vpn tarumanagara, vpnbook, vpn klikbca, vpnjantit dan lain sebagainya.

Perangkat mobile atau HP kini telah menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar perangkat untuk melakukan panggilan dan SMS saja. Hampir 60% dari semua informasi jati diri dan pribadi kita terdapat dalam perangkat smartphone kita, serta menjadi sangat terbuka atas sebuah serangan cyber. 

Malware yang banyak menyebar diperangkat desktop komputer, mungkin tidak terlalu kita khawatirkan, karena sekarang pengguna desktop komputer setiap tahunnya semakin berkurang, dan mulai beralih ke perangkat mobile yang berbasis android dan iOS. 

Yang harus menjadi perhatian kita adalah perangkat HP Android atau iPhone kita. Bayangkan saja situasi ketika penjahat cyber Android atau iOS melacak lalu lintas jaringan internet mobile anda, mengambil data pribadi atau bahkan mungkin data keuangan Anda. 

Untuk mengindentifikasi dan mengetahui atau sekedar mengenal bahwa HP atau smartphone kita terserang oleh hacker secara substansial memang susah untuk dilakukan, sehingga satu-satunya cara adalah dengan melakukan tindakan pencegahan. 

Dan seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa VPN Adalah sebuah jaringan private, rahasia dan terenskripsi didalam jaringan publik yang dapat tidak dapat diakses oleh semua orang.

Dimana perpindahan data dari pengguna dan penyedia data bersifat rahasia, aman dan private, sehingga pilihan yang paling optimal untuk mengamankan smartphone anda adalah dengan sistem keamanan Virtual Private Network (VPN). 

Siapa saja dapat dengan mudah terkena serangan cyber di era digital ini, dan VPN yang tersedia di jaringan saat ini banyak sekali, sehingga persaingan dikalangan penyedia layanan VPN pun sangat ketat, dan akibatnya adalah menghasilkan harga yang terjangkau bagi pengguna, bahkan VPN ada yang gratis.

VPN gratis banyak tersedia di versi android, karena sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah android, dan menjadi sistem yang paling rentan untuk di bobol.

Namun mendapatkan layanan VPN yang berkualitas dengan harga yang terbaik atau yang gratis tidaklah mudah, perlu pengetahuan yang mendalam tentang penyedia layanan VPN android dan VPN iPhone ini.

Ada yang menarik dalam penggunaan VPN ini, terkhusus untuk pengguna jaringan internet di Indonesia. 

Jika di luar negeri para pengguna layanan VPN lebih mengutamakan untuk mendapatkan rasa nyaman, aman dan tenang dalam berselancar didunia maya melalui smartphone mereka, namun tidak untuk pengguna layanan VPN di Indonesia. 

Pengguna layanan VPN di Indonesia lebih mementingkan untuk mendapatkan akses kedalam jaringan yang diputus koneksinya oleh pemerintah, dalam hal ini di blokir.

Pengguna jaringan internet khususnya VPN di Indonesia, lebih mengutamakan untuk membuka akses kesebuah jaringan atau situs yang diblokir pemerintah, ketimbang karena masalah keamanan dan keselamatan data pribadi.

Dan karena itu, pengguna layanan VPN di Indonesia lebih mementingkan dan mencari VPN Gratis, dari pada VPN Terbaik.

Cara Memilih VPN untuk Smartphone Anda


Memilih Virtual Private Network yang tepat mungkin lebih sulit daripada memilih smartphone. 

Ketika memilih VPN, kita harus memikirkan keamanan tapi tidak pada tingkat fungsionalitas dan kinerja seperti pada smartphone. 

Itulah sebabnya ada banyak kebingungan tentang memilih layanan VPN ini. 

Semua orang, terutama para pengguna yang selalu bertransaksi secara digital pasti ingin memiliki VPN dengan tingkat perlindungan yang tinggi, kinerja yang sangat baik, dan pilihan tambahan yang tersedia secara gratis atau setidaknya dengan harga yang wajar. 

Tapi tidak semua yang mahal itu cukup bagus, kadang malah sebaliknya, dan tidak semuanya yang murah juga cukup bagus. 

Beberapa ulasan dari pengguna lain, membuatnya semakin sulit untuk memilih satu layanan VPN untuk HP atau Smartphone Anda. 

Beberapa orang menyarankan untuk mendownload ini sementara yang lain mengklaim bahwa Anda seharusnya tidak melakukan streaming itu, dan seterusnya.

Ada beberapa aspek, dapat anda perhatikan saat memilih layanan VPN. 

Pertama-tama, periksa anggaran Anda. Jika Anda belum siap untuk menghabiskan $12 sebulan untuk mendukung layanan, lebih baik menemukan sesuatu yang lebih murah. 

Jika Anda menginginkan VPN yang mahal namun tidak yakin apakah Anda siap untuk melanjutkannya pada tahun berikutnya, maka carilah VPN yang ada masa percobaan gratis nya atau program penjaminan uang kembali. 

Kedua adalah fitur keamanan. Apa dukungan VPN? Apakah ada penyesuaian? Dukungan proxy? Dukungan skrip? 

Apakah cocok untuk smartphone saja? Atau Anda bisa menggunakannya dengan perangkat lain yang Anda miliki, misalnya VPN web untuk komputer desktop atau laptop? 

Kemudian, bagaimana tingkat enkripsi yang ditawarkannya? 

Semua itu sangat penting, terutama bila Anda memilih layanan VPN yang cukup mahal. 

Dan yang terakhir, namun bukan paling akhir, adalah jumlah server yang dimiliki VPN.  Apakah ada cukup server yang dapat bekerja dengan benar di negara mana Anda berada? 

Ini sangat memengaruhi apakah Anda akan mendapatkan akses ke semua konten yang ingin, yang mungkin diblokir di negara anda? Yang ingin Anda baca, tonton, atau dengarkan atau mungkin hanya sebagiannya saja?

Untuk membuat proses memilih VPN yang tepat, agar sedikit lebih mudah untuk Anda dalam memilihnya, kami telah menganalisis semua aplikasi VPN populer yang ada di pasaran untuk saat ini. 

Daftar berikut terdiri dari 10 aplikasi VPN terbaik untuk pengguna iOS dan Android. 

Kami telah mengumpulkan beberapa layanan yang andal dan terbukti, yang cukup solid untuk mencegah serangan kejahatan cyber serius, yang telah menjadi semakin canggih selama beberapa tahun belakangan.

Manfaat dan keuntungan dari VPN itu tergantung dari layanan yang diberikan oleh penyedia layanan VPN itu sendiri. Namun secara luas, VPN bermanfaat sebagai layanan jaringan internet yang bersifat private, pribadi, rahasia, sehingga memberikan keamanan, dan ketenangan bagi penggunanya.

Sedangkan untuk keuntungannya dan kekurangannya, bisa anda lihat dari 10 penyedia layanan Aplikasi VPN terbaik dibawah ini.

10 Apps VPN Terbaik di tahun 2018

1. ExpressVPN


Keuntungan Express VPN, yakni memiliki program penjaminan uang kembali 30 hari, daftar server yang panjang, kecepatan kinerja tinggi. Dan kekurangan Express VPN adalah layanan nya mahal.

2. NordVPN


Keuntungan NordVPN, yakni memiliki jumlah lokasi yang tinggi di seluruh dunia dan kecepatan tinggi tanpa iklan. 

Sistem keamanan data dan tingkat enkripsi hampir sempurna, namun stabilitas kerja tidak begitu bagus. NordVPN memiliki program penjaminan uang kembali 30 hari. 

Kekurangan NordVPN, yakni memiliki paket pengaturan yang terbatas dan sistem kustomisasi yang sangat sederhana.

3. Turbo VPN


Keuntungan Turbo VPN: bekerja sangat cepat dan memiliki user interface yang sederhana. Layanan ini memiliki kebijakan privasi yang jelas, tidak mengumpulkan log dan hal-hal lain seperti itu. Dan yang terbaik dari layanan Turbo VPN ini adalah VPN GRATIS, yang mungkin merupakan suatu keuntungan terbesar bagi penggunanya. 

Kekurangan Turbo VPN: berisi banyak iklan, mengumpulkan informasi dasar penggunanya untuk memperbaiki bisnis mereka.

4. IPVanish

Keuntungan IPVanish VPN: memiliki di banyak server yang berbeda dibagi oleh negara dan kota, tidak menyimpan log pengguna, tidak memiliki batasan untuk torrenting dan lalu lintas P2P. Memiliki tingkat penyesuaian yang luas dengan beberapa pengaturan protokol. 
Kekurangan IPVanish VPN: Layanan VPN yang Mahal, dan bukan yang tercepat.

5. TunnelBear


Keuntungan TunnelBear VPN: memiliki daftar server yang panjang, yang tersedia dan kecepatan koneksi yang tinggi dengan kebijakan tanpa potongan. Bagian terbaik TunnelBear adalah opsi pembayaran yang dimiliki, yakni: sedikit (gratis), raksasa (di atas 9$/ bulan), dan grizzly (lebih dari 4$ / bulan, namun dengan pembayaran tahunan). Menerima hampir semua jenis pembayaran, termasuk Bitcoin. 
Kekurangan TunnelBear VPN: memiliki pembayaran bulanan bagi mereka yang ingin mendapatkan akses data tak terbatas.

6. VyprVPN


Keuntungan Vypr VPN: menawarkan penggunaan data tak terbatas dan tidak ada caps download. Salah satu penyedia paling mapan di luar sana dengan cakupan global yang benar-benar (lebih dari 70 lokasi tersedia) luas. 

VyprVPN memiliki teknologi Chameleon, yang digunakan untuk memerangi pemblokiran VPN di seluruh dunia. Hal ini sangat berguna bagi pelanggan yang ingin mencapai konten Netflix dari daerah lain. 

Kekurangan VyprVPN: hanya memiliki 3 perangkat untuk program standar dan 5 perangkat untuk yang premium. Teknologi Bunglon hanya tersedia gratis dengan paket premium.

7. Opera VPN


Keunggulan Opera VPN: tidak memiliki batasan waktu dan kecepatan yang cukup bagus. Opera VPN tidak memerlukan langganan dan pembayaran, tidak menjanjikan iklan sama sekali. 

Kekurangan Opera VPN: menawarkan sejumlah lokasi dan bisa turun dari waktu ke waktu. Terkadang, kinerjanya tidak stabil.

8. Ultrasurf


Keuntungan Ultrasurf VPN: tidak memiliki iklan. 

Kekurangan Ultrasurf VPN: tidak menawarkan banyak pilihan untuk memilih negara yang Anda butuhkan.

9. TouchVPN


Keuntungan Touch VPN: layanan gratis dan cepat dengan lebih dari 25 lokasi tersedia. Tidak ada batasan kecepatan atau bandwidth. 
Kekurangan TouchVPN: berisi iklan, yang bisa dihapus dengan memilih paket premium saja.

10. Betternet Free VPN Proxy


Keuntungan Betternet Free VPN Proxy: aplikasi gratis dan cepat tanpa batasan waktu. 

Kekurangan: sebagian besar lokasi ditutup dan kecepatan koneksi rendah. Versi gratis hadir dengan iklan. Versi premium tanpa iklan juga tersedia.

Cara Mengatur Aplikasi VPN


Untuk menyiapkan aplikasi VPN di ponsel Anda, busa ditemukan di AppStore atau Google Play tergantung pada jenis smartphone dan sistem operasi yang Anda miliki. 
  1. Download, buka, dan login jika diperlukan. 
  2. Pilih tingkat keamanan dari daftar - PPTP, enkripsi L2TP, dll. 
  3. Buat nama server dan hubungkan dengan mengklik tombol "On". 
  4. Buka daftar server yang tersedia dan ubah ke server apa pun yang ingin Anda hubungi.
Baca juga: Bahaya Kecanduan Gadget dan Sosial Media
Jadi, pilihlah layanan yang paling Anda sukai dan pastikan bahwa smartphone dan data yang dimilikinya 100% terlindungi dari serangan hacker. 

Jangan mengabaikan VPN karena memungkinkan Anda melakukan banyak hal keren seperti mencapai konten menghibur atau mendidik dari tempat apa pun dan dimanapun. 

Sembunyikan alamat IP Anda dan buat menjadi private sehingga anda terbebas dari situs spam yang menjengkelkan, dan mengakses jaringan aman tanpa harus takut kehilangan data-data pribadi di dalam smartphone anda.
Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "10 Aplikasi VPN Gratis dan Berbayar Terbaik untuk Smartphone Anda"